Senin, September 28, 2009

Manfaatkan Internet untuk Edukasi Anak !

Banyak orangtua yang masih waswas akan kehadiran internet untuk anak-anak.Wow..such an old fashioned thought ! Sungguh pendapat yang sangat tertinggal. Internet boleh dibilang adalah bukti anugerah Tuhan pada kecerdasan otak manusia. Internet bukan hanya bisa menghubungkan antar manusia di berbagai belahan dunia..tapi internet juga merupakan gudang ilmu pengetahuan terbesar di abad ini. Anda mau belajar apa saja, mulai dari ingin tahu tips memasak langsung dari chef terkenal di Paris, gaya fashion terbaru, mengetahui isi museum Smithsonian Institute ( please apologize if the spell isn't correct ), kebudayaan berbagai suku bangsa, penemuan terbaru NASA, dsb, dsb.

Jadi tinggal pinter-pinternya saja orangtua untuk memanfaatkan berbagai pengetahuan yg ada di internet. Kenalkan pada anak situs2 bermutu. Kumpulkan situs2 bermutu kemudian simpan di Bookmarks. Sehingga anak-anak tinggal membuka link2 tsb. Bagaimana jika anak diam2 membuka situs porno yg banyak berseliweran ? Anda memang harus rajin mencek History, sehingga apa saja yg anak download & buka akan terbaca di history. Beberapa hal yang ingin saya singgung disini adalah Facebook, Blog & Forum

Facebook ? Situs ini merupakan situs jejaring sosial yg sedang trend, termasuk di kalangan anak-anak Al Azhar 25. Mereka nampak enjoy sekali bergabung dan mengirim berbagai komen di FB. Tapi tidak perlu terlalu strict dg melarang FB. Saya yakin FB ini mencapai peak time hanya saat liburan panjang. Ketika sudah mulai sekolah, apa sih yg bisa lebih seru daripada jumpa langsung di sekolah ? FB juga sebetulnya bisa banyak dimanfaatkan, misalnya untuk mengembangkan hobby. Yang hobby gambar, fotografi, dll bisa mengupload dg mudah hasil karya mereka, syukur2 bisa dijual, kan rintisan toko online jadinya.

Bagaimana dengan Blog ? Manfaat blog sebetulnya sangat besar. Tiap anak bisa diajarkan bikin blog sesuai selera mereka.Blog ini semacam situs pribadi gratisan. Dengan mengelola Blog, anak bisa menuangkan ide-ide nya sekaligus menambah kemampuan menulisnya.

Forum itu apa ? Biasanya saat anak memainkan game=online, disitu juga tersedia Forum yg menjadi ajang komunikasi antar penggemar game. Di forum, setiap member ( ya, harus sign up dulu alias daftar )  bebas menkritisi game, berpendapat, mengajukan topik baru, dll.Singkatnya berdsikusi. Biasanya forum dilakukan dalam bahasa Inggris. Nah, jika anak rajin ikut forum, secara tak langsung kemampuan Inggris mereka akan meningkat dg sangat bagus. Selain itu, banyak sekali knowledge yg didapat dari sesama peserta forum. Sebenarnya hampir setiap topik menyediakan forum. Ada forum Dinosaurus, Science, Aeronautika, Greenworld, dll.

Nah..apalagi yg ditunggu ? Manfaatkan internet semaksimal mungkin untuk edukasi anak anda. Dan rasakan betapa banyak yg bisa diperoleh secara cuma-cuma di dunia ini ( paling bayar koneksi aja ). Belajar murah lewat sumbernya secara langsung lagi, woww..siapa nolak?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar