Jumat, September 25, 2009

Totto-chan by Tetsuko Kuroyanagi

Siapa pernah baca buku ini ? Wow..ceritanya sederhana namun membuat kita bisa mengerti cara berpikir seorang anak secara dalam.


















Sedikit sinopsis tentang buku ini ( sumber wikipedia w/ Google Translation )
Buku diawali dengan ibu Totto-chan's datang untuk mengetahui alasan putrinya dikeluarkan dari sekolah umum. Ibunya menyadari bahwa kebutuhan Totto-chan adalah sebuah sekolah di mana  kebebasan berekspresi secara lebih dr biasanya diperbolehkan. Jadi, ia mengambil Totto-chan untuk bertemu dengan kepala sekolah dari sekolah yang baru, Mr Kobayashi. Sejak saat itu persahabatan terbentuk antara guru dan murid.

Buku ini selanjutnya  menggambarkan saat-saat Totto-chan, teman-teman yang membuat, pelajaran ia belajar, dan suasana yang bersemangat ia imbibes. Semua ini disajikan kepada pembaca melalui mata seorang anak. Jadi pembaca melihat bagaimana dunia normal berubah menjadi indah, tempat menarik penuh kegembiraan dan antusiasme. Pembaca juga melihat peran mereka sebagai orang dewasa, bagaimana Mr Kobayashi memperkenalkan kegiatan baru untuk menarik minat murid. Satu melihat dalam Mr Kobayashi seorang pria yang memahami anak-anak dan berusaha untuk mengembangkan kualitas mereka pikiran, tubuh dan hati. Perhatian bagi penyandang cacat dan penekanannya pada kesetaraan dari semua anak yang luar biasa. Di sekolah, anak-anak memimpin hidup bahagia, tidak menyadari hal yang terjadi di dunia. Perang Dunia ke 2 telah dimulai, namun di sekolah ini, tidak ada tanda-tanda itu terlihat. Tapi suatu hari, sekolah ini dibom, dan tak pernah dibangun kembali, meskipun kepala sekolah menyatakan bahwa ia memandang ke depan untuk membangun sekolah yang lebih baik putaran waktu berikutnya. Tidak pernah dilakukan dan ini menjadi berakhirnya Totto-chan sebagai seorang murid di Tomoe Gakuen.

Ayo baca buku ini dan kalian akan tahu sudut pandang seorang anak yg sungguh berbeda dengan kita, para orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar