Moms - Dads,
Untuk memberikan pola pengasuhan yang tepat pada anak-anak kita, seyogyanya orangtua sedikit banyak belajar mengenai psikologi perkembangan anak.Karena dengan bekal pengetahuan psikologi yang cukup maka kita akan lebih bijak dalam menghadapi anak dan segala permasalahannya. Ilmu psikologi sendiri sebenarnya tergolong pada common sense knowledge atau ilmu pengetahuan umum, yang bisa dipelajari oleh siapa saja. Bagi para orangtua anak2 SDI AA 25 yang rata2 mengenyam pendidikan tinggi, saya rasa belajar ilmu psikologi tidaklah sulit, hanya tinggal kemauan dan tekat untuk belajar saja. Percayalah, kita akan menjadi sangat terbantu jika mau memperlajari psikologi anak, karena sesungguhnya yang mengetahui tentang anak kita adalah orangtua sendiri, bukan dokter anak, bukan psikolog, bukan guru kelas. Jadi, mari kita belajar lagi. Sekarang penulis ingin memperkenalkan salah satu tokoh psikologi perkembangan anak yang sangat besar jasanya bagi ilmu psikologi, Jean Piaget. Semoga dengan mengenalnya, kita akan makin tertarik untuk belajar, demi anak kita.
Jean Piaget (lahir di Neuchâtel, Swiss, 9 Agustus 1896 – meninggal 16 September 1980 pada umur 84 tahun) adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya tentang anak-anak dan teori perkembangan kognitifnya. Menurut Ernst von Glasersfeld, Jean Piaget adalah juga "perintis besar dalam teori konstruktivis tentang pengetahuan"[1]. Karya Piaget pun banyak dikutip dalam pembahasan mengenai psikologi kognitif.
Riwayat Singkat
Piaget dilahirkan di Neuchâtel di wilayah Swiss
yang berahasa Perancis. Ayahnya, Arthur Piaget, adalah seorang profesor dalam
sastra Abad Pertengahan di Universitas Neuchâtel. Piaget adalah seorang anak
yang terlalu cepat menjadi matang, yang mengembangkan minatnya dalam biologi
dan dunia pengetahuan alam, khususnya tentang moluska (kerang-kerangan), dan
bahkan menerbitkan sejumlah makalah sebelum ia lulus dari SMA. Malah, kariernya
yang panjang dalam penelitian ilmiah dimulai ketika ia baru berusia 11 tahun,
dengan diterbitkannya sebuah makalah pendek pada 1907 tentang burung gereja
albino. Sepanjang kariernya, Piaget menulis lebih dari 60 buah buku dan ratusan
artikel.
Piaget memperoleh gelar Ph.D. dalam ilmu alamiah
dari Universitas Neuchâtel, dan juga belajar sebentar di Universitas Zürich.
Selama masa ini, ia menerbitkan dua makalah filsafat yang memperlihatkan arah
pemikirannya pada saat itu, tetapi yang belakangan ditolaknya karena
dianggapnya sebagai karya tulis seorang remaja. Minatnya terhadap
psikoanalisis, sebuah aliran pemikiran psikologi yang berkembang pada saat itu,
juga dapat dicatat mulai muncul pada periode ini.
Belakangan ia pindah dari Swiss ke
Grange-aux-Belles, Perancis, dan di sana ia mengajar di sekolah untuk anak-anak
lelaki yang dikelola oleh Alfred Binet, pengembang tes intelegensia Binet.
Ketika ia menolong menandai beberapa contoh dari tes-tes intelegensia inilah
Piaget memperhatikan bahwa anak-anak kecil terus-menerus memberikan jawaban
yang salah untuk pertanyaan-pertanyaan tertentu. Piaget tidak terlalu
memperhatikan pada jawaban-jawaban yang keliru itu, melainkan pada kenyataan
bahwa anak-anak yang kecil itu terus-menerus membuat kesalahan dalam pola yang
sama, yang tidak dilakukan oleh anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa.
Hal ini menyebabkan Piaget mengajukan teori bahwa pemikiran atau proses
kognitif anak-anak yang lebih kecil pada dasarnya berbeda dengan orang-orang
dewasa. (Belakangan, ia mengajukan teori global tentang tahap-tahap
perkembangan yang menyatakan bahwa setiap orang memperlihatkan pola-pola
kognisi umum yang khas dalam setiap tahap perkembangannya.) Pada 1921, Piaget
kembali ke Swiss sebagai direktur Institut Rousseau di Geneva.
Pada 1923, ia menikah dengan Valentine Châtenay,
salah seorang mahasiswinya. Pasangan ini memperoleh tiga orang anak, yang
dipelajari oleh Piaget sejak masa bayinya. Pada 1929, Jean Piaget menerima
jabatan sebagai Direktur Biro Pendidikan Internasional, yan tetap dipegangnya
hingga 1968. Setiap tahun, ia menyusun "Pidato Direktur"nya untuk
Dewan BPI itu dan untuk Konferensi Internasional tentang Pendidikan Umum, dan
di dalamnya ia secara eksplisit mengungkapkan keyakinan pendidikannya.
Tahap-tahap perkembangan kognitif
Piaget menjabat sebagai profesor psikologi di
Universitas Geneva dari 1929 hingga 1975 dan ia paling terkenal karena menyusun
kembali teori perkembangan kognitif ke dalam serangkaian tahap, memperluas
karya sebelumnya dari James Mark Baldwin, menjadi empat tahap perkembangan yang
lebih kurang sama dengan (1) masa infancy, (2)
pra-sekolah, (3) anak-anak, dan (4) remaja. Masing-masing
tahap ini dicirikan oleh struktur kognitif umum yang mempengaruhi semua
pemikiran si anak (suatu pandangan strukturalis yang dipengaruhi oleh filsuf
Immanuel Kant). Masing-masing tahap mewakili pemahaman sang anak tentang
realitas pada masa itu, dan masing-masing kecuali yang terakhir adalah suatu
perkiraan (approximation) tentang realitas yang tidak memadai. Jadi, perkembangan
dari satu tahap ke tahap yang lainnya disebabkan oleh akumulasi kesalahan di
dalam pemahaman sang anak tentang lingkungan nya; akumulasi ini pada akhirnya
menyebabkan suatu tingkat ketidakseimbangan kognitif yang perlu ditata ulang
oleh struktur pemikiran.
Keempat tahap perkembangan itu digambarkan dalam
teori Piaget sebagai
- Tahap sensorimotor: dari lahir hingga 2 tahun (anak mengalami dunianya melalui gerak dan inderanya serta mempelajari permanensi obyek)
- Tahap pra-operasional: dari 2 hingga 7 tahun (mulai memiliki kecakapan motorik)
- Tahap operasional konkret: dari 7 hingga 11 tahun (anak mulai berpikir secara logis tentang kejadian-kejadian konkret)
- Tahap operasional formal: setelah usia 11 tahun (perkembangan penalaran abstrak).
- Piaget, J. (1950). Introduction à l’Épistémologie Génétique. Paris: Presses Universitaires de France.
- Piaget, J. (1961). La psychologie de l'intelligence. Paris: Armand Colin (1961, 1967, 1991). Versi online
- Piaget, J. (1967). Logique et Connaissance scientifique, Encyclopédie de la Pléiade.
- Inhelder, B. dan J. Piaget (1958). The Growth of Logical Thinking from Childhood to Adolescence. New York: Basic Books.
- Inhelder, B. dan Piaget, J. (1964). The Early Growth of Logic in the Child: Classification and Seriation. London: Routledge and Kegan Paul.
- Piaget, J. (1928). The Child's Conception of the World. London: Routledge and Kegan Paul.
- Piaget, J. (1932). The Moral Judgment of the Child. London: Kegan Paul, Trench, Trubner and Co.
- Piaget, J. (1952). The Child's Conception of Number. London: Routledge and Kegan Paul.
- Piaget, J. (1953). The Origins of Intelligence in Children. London: Routledge and Kegan Paul.
- Piaget, J. (1955). The Child's Construction of Reality. London: Routledge and Kegan Paul.
- Piaget, J. (1971). Biology and Knowledge. Chicago: University of Chicago Press.
- Piaget, J. (1995). Sociological Studies. London: Routledge.
- Piaget, J. (2001). Studies in Reflecting Abstraction. Hove, UK: Psychology Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar