Kamis, April 08, 2010

English Time Alert ! English Time Alert !

Bapak Ibu mungkin sudah pernah melihat buku pelajaran bahasa Inggris anak-anak kita ? Bagus banget yaah...banyak gambarnya, game nya..wow...pokoknya lovely habis ! Bandingkan saja dengan buku pelajaran jaman kita dulu. Makanya beruntunglah anak-anak yang bersekolah di Al Azhar, bisa mendapatkan buku sebagus itu. Tapi tunggu dulu...mari kita lihat sejenak penggunaan buku itu. Terungkap dari percakapan saya dengan anak-anak, buku itu jarang digunakan, game-game yg ada, cerita-cerita juga jarang dibaca. Lalu apa yg dipelajari saat pelajaran bahasa Inggris ? Dari omong-omong dg bapak guru bahasa Inggris kita, ternyata untuk mempraktekkan pengajarannya, memerlukan tambahan waktu. Jumlah waktu yang hanya 2x @45menit seminggu dirasakan sangat kurang. Nah..ini nih..pekerjaan rumah buat pak Budi dan jajarannya. Kami tahu, bahwa di Jawa Tengah ada munlok atau muatan lokal semacam Bhs.Jawa dan KPDL yg juga sudah ada standar jumlah jam pengajarannya. Tapi whatever lah pak, diatur aja schedule nya lagi. Justru karena jumlah jam pelajaran terbatas, jadual harus diatur sebaik-baiknya. Saya yakin sekali hal itu bisa dilakukan. Dan tentu saja metode pengajaran Bhs.Inggris mungkin bisa diatur lebih efisien. 

Jika waktunya dirasa kurang..saya usulkan untuk agak 'tricky' lah...misalnya nih, story yang ada dibuat PR, anak disuruh latihan baca di rumah. Nah..nanti disekolah tinggal diajak baca bersama-sama atau membahas secara klasikal. Untuk gamenya, suruh dong anak persiapkan di rumah, lalu mainkan di sekolah. Jenis PR bahasa Inggris juga jangan hanya melulu soal isian saja...bentuk PR kan banyak, bisa bikin puisi dalam bahasa Inggris, menyanyi lagu Inggris, buat karangan singkat dalam bahasa Inggris..atau bahkan nih, jaman sekarang hampir semua anak doyan facebook, ayo chatting bersama-sama dalam bahasa Inggris. Ada kemauan maka ada jalan..dan jalan ke Roma itu ada seribu, pepatah lama yang nggak pernah salah. 

Jadi sambil menunggu pak Budi cs untuk memenuhi English Time Alert nya, maka guru2 bhs.Inggris bisa berkreasi dengan jam yg ada. Istilah anak sekarang nih...jam terbatas...so what gitu lo. Okey, met berkarya..met berkreasi. Untuk bapak ibu di rumah, ayo sisihkan waktu sejenak bersama anak-anak kita untuk melatih bahasa Inggris anak-anak dengan berkomunikasi ..yah, se jam sehari cukuplah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar